Kamis, 11 Oktober 2012

Akutansi X : Neraca Saldo


1. Definisi Neraca Saldo

Neraca saldo ialah suatu daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu saat tertentu.
Kapan neraca saldo itu disusun? Neraca saldo biasanya disusun pada akhir periode akuntansi, yang bertujuan untuk memeriksa kesamaan jumlah saldo debet dengan saldo kredit. Untuk jelasnya Anda amati contoh neraca saldo berikut ini.
Bentuk Neraca Saldo
Neraca berbentuk suatu daftar yang di dalamnya berisi nama perusahaan (nama) Neraca Saldo, periode akuntansi, dan format dengan lajur (kolom) terdiri dari no. akun, akun, debet dan kredit.

2. Penyusunan Neraca Saldo

Bagaimana cara menyusun Neraca Saldo? Penyusunan neraca saldo cukup mudah bila buku besar yang dibuat adalah Buku Besar Berlajur Saldo (bersaldo). Sedangkan yang berbentuk skontro atau T sederhana, terlebih dahulu dihitung saldonya yaitu dengan cara menghitung selisih antara jumlah sisi debet dan kredit. Perhatikan contoh Buku Besar Bersaldo berikut ini secara mendalam.
Penyusunan neraca saldo perlu diperhatikan juga nomor akunnya agar disusun secara sistematis dengan urutan nomor akun, aktiva (harta), utang, modal, pendapatan dan beban. Bagaimana? Berdasarkan contoh di atas dapatkah Anda mengerti? kalau belum, Anda ulangi mempelajari contoh di atas dan perhatikan tanda panah pada diagram yang disediakan.
Untuk lebih mendalami materi ini, berikut ini disajikan buku besar bersaldo yang selesai diisi. Berdasarkan buku besar berikut ini Anda diminta menyusun neraca saldo sebagai latihan 1.
Neraca saldo menunjukkan saldo masing-masing perkiraan. Saldo debet dan saldo kredit ini secara total harus sama jumlahnya pada neraca saldo. Neraca saldo merupakan dasar untuk penyusunan laporan keuangan yang dibuat secara periodik. Neraca saldo ini sendiri terbagi dua, yaitu neraca saldo sebelum disesuaikan (unadjusted trial balance) dan neraca saldo yang telah disesuaikan (adjusted trial balance).
Tujuannya:memeastikan bahwa bku besar telah seimbang. Neraca saldo setelah penutupan hanya akan terdiri atas akun-akun neraca saja, yaitu aktiva, kewajiban dan modal. Akun-akun pendapatan / pnjualan dan unsur-unsur HPP,beban, serta prive telah ditutup dan bersaldo nol. Neraca saldo pnutup dpt dibwat dgn mngmbil saldo-saldo akun di buku  besar setelah ayat jurnal penutup dibukukan. Saldo-saldo tsb dpt diambil dari kolom neraca di kertas kerja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar