Kamis, 27 September 2012

Bahasa Indonesia: Teks Pidato "Dampak Teknologi"


Selamat pagi semuanya.
Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang oleh karena rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Yang terhormat ibu Eny Azizah, selaku guru bahasa Indonesia SMA 1 Kudus, dan teman- teman yang saya sayangi dan saya cintai. Izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan tentang menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebaik-baiknya.
Kita tahu bahwa kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di bumi ini. Kemajuan teknologi itu salah satunya adalah internet. Internet sangat berdampak, baik positif maupun negatif.
Positifnya antara lain kita dapat berhubungan dengan orang di seluruh dunia, mendapatkan informasi, pengetahuan, dan lain-lain. Sedangkan negatifnya adalah perjudian, penipuan, penculikan, dan sebagainya. Maka dari itu kita harus pintar-pintar memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, terutama internet. Berikut akan saya sampaikan beberapa caranya.
Pertama, kita harus membagi waktu antara kewajiban kita dengan menggunakan internet. Jangan sampai kewajiban kita terabaikan akibat terlalu sibuk dengan internet sampai lupa waktu. Kedua, kita bisa menginstall software khusus yang mana akan memblok situs yang berbau sara. Sehingga kita tidak terpengaruh oleh situs tersebut.
Ketiga, jangan mudah percaya kepada orang yang baru anda kenal di jejaring sosial. Tidak sedikit orang yang tertipu, diculik, bahkan dijual sebagai budak belian karena mudah percaya dengan orang yang baru dikenalnya di jejaring sosial. Keempat, marilah kita buka situs-situs yang bermanfaat bagi kita. Selain mendapat informasi, kita juga dapat menambah wawasan dan masih banyak lagi.
Kelima, perteguhlah iman. Dengan memperteguh iman kita akan mempunyai filter yang akan menyaring pengaruh positif dan negatif kemajuan teknologi. Keenam dan yang terakhir adalah kita harus menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan. Kita harus memiliki prinsip untuk tidak menggunakan internet secara berlebihan.
Dari uraian saya tadi, dapat kita simpulkan bahwa, kemajuan teknologi memang sangat berguna dalam kehidupan manusia, tapi kita harus menghadapi dampak negatifnya, anda semua bisa menggunakan cara-cara yang telah saya uraikan tadi. Jika ada salah kata dan perbuatan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatian anda. Dan selamat pagi.

2 komentar:

  1. Kunjungan balik...
    Mohon maaf, kalau boleh kasih masukan sepertinya background terlalu rame, sehingga mau baca postingan agak terganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih buat masukannya....
      segera saya ganti :)

      Hapus